SAMBUTAN KOMISARIS UTAMA

Pemegang Saham yang terhormat,

Dewan Komisaris memandang tahun 2019 sebagai tahun penuh tantangan bagi industri batubara. Pada tahun tersebut industri menghadapi berbagai tantangan seperti penerapan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) serta penurunan rata-rata harga batubara serta penurunan rata-rata harga batubara acuan sampai dengan 21,3% dibandingkan tahun 2018.

Dewan Komisaris menilai Direksi telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sepanjang tahun 2019 dengan menerapkan berbagai strategi yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Sebagai hasilnya, Perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar AS$35,3 juta meski harga batubara acuan (HBA) rata-rata tahun 2019 terkoreksi sebesar AS$21,2 per ton apabila dibandingkan dengan HBA rata-rata pada tahun 2018, yaitu sebesar AS$99,0 per ton. Pencapaian memuaskan ini membuktikan bahwa meski industri batubara sedang tidak kondusif, Perseroan tetap mampu memenuhi target yang telah ditetapkan serta membukukan laba bersih positif.

Dewan Komisaris memandang memandang bahwa Direksi Perseroan telah menyusun prospek usaha yang sejalan dan terukur dengan visi dan misi Perseroan, dengan tetap mempertimbangkan berbagai tantangan yang dapat muncul dan berdampak kepada Perseroan, termasuk strategi peningkatan kapasitas karyawan untuk memperkuat pondasi-pondasi pendukung Perseroan. Kami pun melihat bahwa dalam penyusunan strategi Perseroan, Direksi telah mengantisipasi berbagai tantangan yang dapat berdampak pada rencana Perseroan, seperti kemungkinan peningkatan harga bahan bakar dan/atau penurunan harga batubara pada tahun 2020, serta berbagai tantangan lainnya yang dapat berdampak terhadap operasional Perseroan.

 

Atas nama Dewan Komisaris,