Audit Internal

Mitrabara bertanggung jawab dalam merancang sistem audit internal terhadap proses pelaporan internal yang mencakup mekanisme menyeluruh dari prosedur operasi standar, dan struktur akuntabilitas. Dalam rangka mengelola Mitrabara secara efektif dan efisien serta sebagai dasar kegiatan operasional yang sehat dan aman, Mitrabara telah menerapkan suatu Sistem Pengendalian Intern (SPI). Penerapan SPI diawasi oleh Audit Internal yang berfungsi untuk mengevaluasi, mengkaji, menganalisis dan menguji sistem pengendalian internal serta melaporkan temuannya kepada Komite Audit secara berkala.

Internal Audit yang dimiliki Mitrabara merupakan divisi yang independen dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama. Dalam pelaksanaan tugasnya, divisi ini secara fungsional juga bersinergi dengan Komite Audit. Internal audit bertugas dalam melakukan evaluasi periodik atas pengendalian internal baik Kantor Pusat maupun cabang, audit atas keuangan akuntansi, audit operasional, dan audit ketaatan untuk memastikan bahwa praktik manajemen risiko telah dilakukan sesuai dengan kebijakan dan prosedur tertulis di Mitrabara maupun peraturan eksternal. Audit Internal selain bertujuan membantu menyempurnakan dan memperkuat pengendalian internal Mitrabara, saat ini juga berperan sebagai Strategic Business Partner untuk memberikan nilai tambah dan memperbaiki operasional Mitrabara. Cakupan kegiatan audit yang dilakukan meliputi evaluasi menyeluruh baik kegiatan operasional Mitrabara maupun proses produksi. Penetapan kunjungan audit dan fokus pemeriksaan audit dilakukan berdasarkan Risk Based Audit.

Tugas dan Tanggung Jawab Audit Internal:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana Audit Internal tahunan;
  • Menguji dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian interen dan sistem manajemen risiko sesuai dengan kebijakan perusahaan;
  • Melakukan pemeriksaan dan penilaian ekonomi atas efisiensi dari penggunaan sumber daya Mitrabara;
  • Memberikan saran perbaikan dan informasi yang objektif tentang kegiatan yang diperiksa pada semua tingkat manajemen;
  • Membuat laporan hasil audit dan menyampaikan laporan tersebut kepada Direktur Utama dan Dewan Komisaris;
  • Memantau, menganalisis dan melaporkan pelaksanaan tindak lanjut perbaikan yang telah disarankan;
  • Bekerja sama dengan Komite Audit; 
  • Menyusun program untuk mengevaluasi mutu kegiatan audit internal yang dilakukannya; dan
  • Melakukan pemeriksaan khusus apabila diperlukan.

Profile

Andi Indratno

Internal Audit