Kamis, 16 Jun 2022
MBAP Raih Penghargaan CSR & PDB Awards 2022

PT. Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP) raih penghargaan dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) di Jakarta pada Kamis 23 Juli 2022 yang lalu. Ajang penghargaan ini dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin dan Menteri Desa PDTT, Dr. (HC) Drs A. Halim Iskandar, M.Pd serta diikuti oleh 63 perusahaan BUMN dan Swasta.
Pada ajang penghargaan kali ini, MBAP memperoleh Silver Award kategori BUM Desa melalui program Mitra Ekonomi Desa (Mikodes), Pengembangan Lembaga Ekonomi Desa. Penghargaan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Desa PDTT, Halim Iskandar kepada Direktur MBAP Khoirudin, sedangkan program lainnya memperoleh Excellent Award kategori perorangan yang diikuti oleh Apui Jalung sebagai direktur BUM Desa Lepubung Lepo’ Desa Wisata Long Loreh, Kecamatan Malinau Selatan dalam upaya pengembangan bisnis BUM Desa berdasarkan potensi lokal. Untuk penghargaan kategori perorangan pengahargaan diberikan langsung oleh Wapres RI Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin kepada Apui Jalung. Program Mitra Ekonomi Desa, untuk pengembangan BUM Desa di salah satu desa binaan MBAP, Desa Wisata Long Loreh ini, sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 dan BUM Desa Lepubung Lepo pada tahun 2021 telah berhasil menyetorkan pendapatan asli desa (PADes) sebesar 4.3 juta rupiah atau 25% dari laba yang dihasilkan oleh BUM Desa. Laba yang dihasilkan baru berasal dari satu unit usaha perdagangan. Menurut Manager CSR MBAP I Gede A Supaundra yang juga wakil ketua Forum TJSP Kaltara, memang target pendapatan BUM Desa Lepubung Lepo’ belum begitu signifikan, untuk itu perlunya upaya upaya meningkatkan pendapatan BUM Desa dari beberapa kegiatan usaha yang lainnya. Beberapa unit usaha sudah dirancang bersama dengan pengurus BUM Desa Lepubung Lepo’ selain penguatan organisasi lembaga BUM Desa itu sendiri. Bagi Apui Jalung sebagai pengurus BUM Desa Lepubung Lepo’ penghargaan ini menjadi momentum bagi dirinya dan anak muda lainnya untuk dapat berkontribusi di desa dalam upaya memajukan perekonomian desa, melalui potensi potensi yang ada di desanya.
 

Dalam sambutannya Wapres RI, K. H. Ma’ruf Amin mengatakan keberadaan BUM Desa diharapkan mampu mengoptimalkan potensi lokal melalui bidang usahanya, sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat desa. Keterlibatan serta partisipasi aktif tokoh penggerak desa menjadi kunci penting kesuksesan membangun desa. Selain itu Wapres RI juga meminta, BUMN/Swasta dan BUM Desa terus bersinergi mendukung pembangunan desa. Senada dengan Wapres RI, Menteri Desa PDTT, Halim Iskandar, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi terus mendorong peran serta BUMN/Swasta dalam upaya pembangunan di desa. (RED)

Latest News

Rabu, 15 Jun 2022
Diversifikasi kegiatan usaha melalui anak perusahaan Perseroan
Read More
Kamis, 9 Jun 2022
Pengumuman Hasil RUPST 2021 & PUBEX MBAP 2022
Read More
Jumat, 20 Mei 2022
Pemaparan Publik Perseroan tahun 2022
Read More