Kamis, 1 Jul 2021
Pemulihan Flora dan Fauna Bersama Masyarakat Labanyarit

Seiring dengan visi PT Mitrabara Adiperdana Tbk yaitu menjadi koporasi terkemuka berbasis energi yang berkelanjutan, Perseroan senantiasa melakukan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagai bentuk tanggung jawab kepada lingkungan, masyarakat, dan pemerintah. Perseroan menyadari bahwa perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tidak bisa dipisahkan dari aktivitas eksplorasi dan produksi batubara yang dilakukan. Eksplorasi dan produksi batubara tentu memiliki dampak lingkungan yang signifikan dan Perseroan menyadari bahwa perlu upaya pemulihan dan pengelolaan lingkungan dengan maksimal dan fokus dalam kegiatannya.
Reklamasi adalah program yang menjadi amanah Negara bagi Perseroan untuk memulihkan ekosistem flora dan fauna di area Izin Usaha Pertambangan (IUP). Perseroan menyadari tanggung jawab reklamasi merupakan tanggung jawab yang besar dan perlu upaya yang besar pula. Prinsip-prinsip Perseroan dalam melakukan reklamasi tentunya harus memenuhi : (a) Perlindungan terhadap kualitas air permukaan dan tanah, (b) Perlindungan dan pemulihan keanekaragaman hayati, (c) Penjaminan terhadap stabilitas dan kemanan timbunan, dan struktur lainnya (d) Pemanfaatan lahan bekas tambang sesuai dengan peruntukan dan, (e) Memperhatikan nilai sosial dan budaya setempat.
Untuk memenuhi prinsip-prinsip tersebut, maka Perseroan berkolaborasi bersama kontraktor dan masyarakat Desa Labanyarit dalam upaya pencapaian hasil Reklamasi secara maksimal. Tanpa dukungan dan kerja sama tersebut, maka upaya maksimal dan hasil yang terbaik akan sulit dicapai mengingat target dan pekerjaan yang cukup berat. Pihak kontraktor mendukung Perseroan dalam upaya persiapan dan penataan area reklamasi hingga memenuhi standar. Sementara masyarakat Desa Labanyarit mendukung Perseroan sebagai garda terdepan dalam pemulihan flora dan fauna area Reklamasi. Menjaga hubungan kerja sama antara kontraktor dan masyarakat desa menjadi penting untuk mendukung keberhasilan Reklamasi. Disiplin dalam menjalankan perjanjian dan pemberian reward kepada partner kerja sama menjadi landasan untuk menjaga hubungan tersebut. Tentunya Perseroan bersama partner menginginkan tujuan yang sama dalam program Reklamasi ini, antara lain:
a.    Pencapaian luas Reklamasi
b.    Perlindungan terhadap kualitas air permukaan
c.    Perbaikan dan peningkatan populasi flora – fauna 
d.  Terjalinnya hubungan yang baik dan sehat antara perusahaan dengan kontraktor dan perusahaan dengan masyarakat Desa sekitar.
Berbagai target dan improvement dalam peningkatan kuantitas dan kualitas hasil sudah dilakukan bersama dengan kontraktor dan masyarakat Desa Labanyarit dari tahun 2017 hingga semester pertama tahun 2021. Oleh karena itu, status keaneka ragaman hayati terus meningkat dari tahun 2017 hingga 2021. Walaupun tujuan akhir masih belum terpenuhi, namun ke depan Perseroan akan terus meningkatkan kualitas dan melakukan improvement agar tujuan dari program ini dapat tercapai.

Status Keanekaragaman Hayati di Area Reklamasi Tahun 2017 - 2021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



*Data hingga Juni 2021

Latest News

Jumat, 16 Jul 2021
Program Wajib Belajar, Malinau Maju
Read More
Sabtu, 3 Jul 2021
Lindungi Karyawan dengan Vaksin Covid-19 dan Penerapan Protokol Kesehatan
Read More
Jumat, 4 Jun 2021
Percepatan, Penangan, dan Pencegahan Stunting di Kabupaten Malinau
Read More